AQIDAH
TAUHID DALAM ISLAM
Disusun
oleh :
Eka
Fatmawati (1001125052)
Nurul
Ayu Izzati (1001125)
Kelas :
4-E
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
JAKARTA
2012
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
Daftar
Isi
...........................................................................................................................
Kata
Pengantar
.............................................................................................................
Konsep
Tauhid
..............................................................................................................
Hubungan
Tauhid dan Fitrah Allah
...........................................................................
Implementasikan
tauhid dengan kehidupan sehari-hari ........................................
Daftar
Pustaka
..............................................................................................................
Tauhid Dalam Islam
1.
Konsep Tauhid dan Fitrah
Dalam bahasa Arab, "Tauhid" bermaksud
"penyatuan", sedangkan dalam Islam, "Tauhid" bermaksud
"menegaskan penyatuan dengan Allah". Lawan untuk Tauhid ialah "mengelak daripada
membuat", dan dalam bahasa Arab bermaksud "pembahagian" dan
merujuk kepada "penyembahan berhala".
Tauhid menurut bahasa artinya mengetahui dengan
sebenarnya Allah itu Ada lagi Esa. Menurut istilah, tauhid ialah satu ilmu yang
membentangkan tentang wujudullah (adanya Allah) dengan sifat-Nya yang wajib,
mustahil dan jaiz (harus), dan membuktikan kerasulan para rasul-Nya dengan
sifat-sifat mereka yang wajib, mustahil dan jaiz, serta membahas segala hujah
terhadap keimanan yang berhubung dengan perkara-perkara sam’iyat, iaitu perkara
yang diambil dari Al-Quran dan Hadis dengan yakin.
Tauhid bukanlah sekadar ucapan ‘laa ilaha illallah’,
walaupun ucapan tersebut merupakan sebahagian daripadanya. Tetapi tauhid itu
adalah nama untuk pengertian yang agung dan ucapan yang mempunyai erti yang
besar, lebih besar dari semua pengertian. Tauhid ialah pembebasan terhadap
penyembahan kepada semua yang bukan kepada Allah dan penerimaan dengan hati
serta pengibadahan kepada Allah semata.
Allah berfirman:
“Sedangkan Tuhan kamu ialah Tuhan Yang
Maha Esa, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”
(QS 2:163)
Dan Allah
berfirman lagi 
“Hai kaumku, bagaimanakah kamu, aku
menyeru kamu kepada keselamatan, tetapi kamu menyeru aku kepada neraka? Kenapa
kamu menyeruku supaya kafir kepada Allah dan menyekutukan-Nya dengan apa yang
tidak aku ketahui, padahal aku menyeru kamu beriman kepada Yang Maha Perkasa
lagi Maha Pengampun?” 
(QS 40:41-42)
| 
2. Tingkatan Tauhid  
*  Makna Tauhid Rububiyah 
Rububiyah
  berasal dari perkataan rabb. Kalimah ini mempunyai beberapa pengertian
  seperti pemimpin, pemilik, penguasa dan pemelihara. Tauhid Rububiyah bermaksud
  Allah ialah Tuhan pengatur segala sesuatu, Dia pemiliknya, Dia pencipta
  aturannya dan pemberi rezekinya. Sesungguhnya Dia yang menghidupkan, yang
  mematikan, yang memberi manfaat, yang mendatangkan hukum mudarat dan Dia
  menerima doa terutama dalam kesukaran. Semua perkara adalah bagi-Nya,
  ditangan-Nya terletak seluruh kebaikan, Dia berkuasa atas apa sahaja yang Dia
  kehendaki dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam hal ini, termasuklah qada’ dan
  qadar seseorang. Semua hamba-Nya berhajat kepada Allah sahaja. 
Allah
  berfirman  
“Hai manusia, kamulah yang
  berkehendak kepada Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan
  sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (QS 35:15) 
Allah
  berfirman  
“Tanyakanlah: siapakah yang memberi
  rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Atau siapakah yang berkuasa sanggup
  menciptakan pendengaran dan penglihatan? Siapakah yang mengeluarkan yang
  hidup dari yang mati dan yang mati dari yang hidup? Dan siapakah yang
  mengatur segala urusan? Maka mereka akan menjawab: Allah. Maka katakanlah:
  Mengapa kamu tidak bertakwa?” (QS 10:31) 
Dan firman
  Allah  
“Dan sesungguhnya jika kamu bertanya
  kepada mereka: Siapakah yang menciptakan mereka? Nescaya mereka menjawab:
  Allah” (QS 43:87) 
Allah
  berfirman lagi  
“Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan
  kepada mereka: Siapakah yang menurunkan air dari langit, lalu menghidupkan
  bumi dengan air itu sesudah matinya? Tentu mereka akan menjawab: Allah” (QS
  29:63) 
Ketiga-tiga
  ayat diatas merupakan antara ayat-ayat yang menunjukkan bahwa orang musyrik
  mengakui kewujudan Allah, namun menyekutukan-Nya dengan sesuatu yang lain. 
Bukti-bukti Tauhid Rububiyah 
Bukti-bukti
  kewujudan Allah amat banyak. Dia adalah Tuhan yang sebenarnya, tiada yang
  menyerupai-Nya baik pada zat, sifat mahupun perbuatan. Tiada yang terlepas
  dari kekuasaan Allah baik dari sekecil-kecil sampai sebesar-besarnya, dan
  semuanya tunduk mengakui Allah sebagai Tuhannya. Kerana itu, Dialah Tuhan
  yang sebenarnya bagi alam semesta. Akal manusia pasti tidak dapat menerima
  bahawa alam semesta ini terjadi dengan sendirinya, dan teratur pula, jika
  tiada pencipta dan pengaturnya. Mana mungkin sebuah rumah boleh siap hanya
  dengan air hujan melekukkan gunung hingga terjadi rumah yang siap cantik
  dengan bilik-biliknya. Jika perkara begini tidak dapat diterima akal, masakan
  alam yang luas ini dapat terjadi dengan sendiri, lalu mengatur semua
  hidupan-hidupannya. 
Kerana itu
  nyatalah bahawa Allah itu Tuhan yang sebenarnya, dialah yang menciptakan
  segala sesuatu. Bukti tentang adanya penciptaan nyata jelas sehingga setiap
  orang dapat menemuinya dengan akalnya yang sederhana tanpa perlu panjang
  fikirnya. Lagipun, sudah menjadi sifat semula jadi manusia untuk percaya
  kepada adanya pencipta, baik mereka itu beriman ataupun tidak. 
Allah s.w.t
  berfirman  
“Dan jika kamu tanyakan kepada mereka
  siapakah yang menciptakan langit dan bumi? Nescaya mereka akan menjawab
  semuanya diciptakan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS 43:9) 
Kafir dan Musyrik dan Tauhid Rububiyah 
Sebenarnya
  orang-orang kafir dan musyrik pada umumnya percaya bahawa Allah memang
  sebagaimana yang diungkap ayat-ayat Quran diatas, namun dengan mempercayai
  sahaja belum cukup untuk menjamin mereka sebagai orang Islam. 
Allah
  berfirman: 
“Dan sebahagian besar mereka tidak
  beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan menyekutukan-Nya.” (QS 12:106) 
Mujahid
  menyatakan ayat ini menceritakan tentang iman mereka kepada Allah hanyalah
  ucapan di lidah sahaja: sesungguhnya Allah menciptakan kami, memberi rezeki
  kepada kami dan mematikan kami. Namun mereka tetap menyekutukan Allah dalam
  ibadah mereka. Diriwayatkan dari ibn Jarir, ibn Abi Hasim dan dari ibn Abbas,
  Athaa’ dan Dhahhak, amat jelas bahawa orang kafir itu mengetahui Allah,
  pengaturan-Nya, kerajaan-Nya dan kekuasaan-Nya. Malahan mereka beribadat pula
  kepada-Nya seperti ibadah haji, sedekah, korban dan doa diwaktu kesukaran dan
  sebagainya. Ada yang mendakwa perbuatan mereka berdasarkan agama Nabi
  Ibrahim, dan ada juga yang percaya dengan hisab, qada’ dan qadar. Dua keratan
  puisi Arab dibawah merupakan bukti kepercayaan mereka. 
"Dia
  mengakhirkan dan berkehendak diletakkan di dalam kitab. Atau dia segera akan
  merasakan siksa pada hari berhisab" "Hai Abla ke mana anugerah yang sirna Tuhanku di langit menetapkan qadha" 
Seorang yang
  waras dan sihat akalnya pasti tertanya apa yang mendorong mereka menulis
  syair-syair sebegini rupa, dan dari mana mereka memperoleh pengetahuan
  mengenai hisab dan sebagainya. Pertanyaan ini mudah dijawab: mereka syirik
  dalam tauhid ibadah dan mereka melanggar peng-Esaan Allah dalam beribadah. 
Syirik dalam Tauhid Rububiyah 
Syirik dalam
  rububiyah ini adalah mempersekutukan Allah dalam pengaturan-Nya terhadap
  seluruh makhluk. Terdapat dua jenis syirik rububiyah: 
1. Syirik
  ta’thil Syirik ta’thil adalah syirik yang menidakkan Allah sebagai Rabbul
  Alamin. Syirik ini adalah sejelik-jelik syirik, seperti syiriknya Firaun,
  kerana Firaun berkata : 
"Apa
  Tuhan pemelihara segenap alam itu?" (QS 26:23) 
Ahli falsafah
  pula menjadi syirik apabila mereka berpendapat seperti yang berikut: 
"Alam
  itu adalah kekal dan qadim, dan bukanlah alam itu berasal dari ketiadaan.
  Alam tidak akan berkurang atau hilang lenyap. Kejadian yang baru pula adalah
  bersebab dan dapat dicari sebab itu, kerana asal sebab itu adalah akal
  fikiran dan jiwa." 
Begitu juga
  dengan orang-orang yang menganut atheisme (tidak bertuhan), pantheisme (tuhan
  dan makhluk ciptaannya sama) dan politeisme (menyembah banyak tuhan). 
2. Syirik
  bahawa berserta Allah ada tuhan lain Syirik ini percaya bahawa disamping
  adanya Allah ada lagi tuhan yang lain. Inilah ajaran yang dipegang
  orang-orang Kristian, Hindu dan Majusi. Kristian menjadi orang musyrik kerana
  percaya dengan trinity atau tiga tuhan. Penganut Hindu pula bertuhankan
  dengan tuhan Trimurti, juga dengan tiga tuhan. Orang Majusi pula yakin bahawa
  yang baik itu datang dari cahaya (terang) manakala perkara buruk dikaitkan
  dengan kegelapan, sedangkan segala yang baik mahupun yang buruk datang dari
  Allah jua. 
Uluhiyah
  Allah adalah mengesakan segala bentuk peribadatan bagi Allah, seperti berdo’a, meminta, tawakal, takut, berharap,
  menyembelih, bernadzar, cinta, dan selainnya dari jenis-jenis ibadah yang
  telah diajarkan Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
  Memperuntukkan satu jenis ibadah kepada selain Allah termasuk perbuatan
  dzalim yang besar di sisi-Nya yang sering diistilahkan dengan syirik kepada
  Allah. 
Dalil
  Tauhid Uluhiyah 
Allah berfirman di dalam Al Qur’an: “Hanya kepada-Mu ya
  Allah kami menyembah dan hanya kepada-Mu ya Allah kami meminta.” (QS. Al
  Fatihah: 5) 
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah membimbing
  Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu dengan sabda beliau: “Dan apabila kamu minta
  maka mintalah kepada Allah dan apabila kamu minta tolong maka minta tolonglah
  kepada Allah.” (HR. Tirmidzi) 
Allah berfirman: “Dan sembahlah Allah dan jangan kalian
  menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun” (QS. An Nisa: 36) 
Allah berfirman: “Hai sekalian manusia sembahlah Rabb
  kalian yang telah menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian, agar
  kalian menjadi orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Al Baqarah: 21) 
Penjelasan dalil 
Dengan ayat-ayat dan hadits di atas, Allah dan Rasul-Nya
  telah jelas mengingatkan tentang tidak bolehnya seseorang untuk memberikan
  peribadatan sedikitpun kepada selain Allah karena semuanya itu hanyalah milik
  Allah semata. 
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Allah
  berfirman kepada ahli neraka yang paling ringan adzabnya. ‘Kalau seandainya
  kamu memiliki dunia dan apa yang ada di dalamnya dan sepertinya lagi, apakah
  kamu akan menebus dirimu? Dia menjawab ya. Allah berfirman: ‘Sungguh Aku
  telah menginginkan darimu lebih rendah dari ini dan ketika kamu berada di
  tulang rusuknya Adam tetapi kamu enggan kecuali terus menyekutukan-Ku.” ( HR.
  Muslim dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu ) 
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Allah
  berfirman dalam hadits qudsi: “Saya tidak butuh kepada sekutu-sekutu, maka
  barang siapa yang melakukan satu amalan dan dia menyekutukan Aku dengan
  selain-Ku maka Aku akan membiarkannya dan sekutunya.” (HR. Muslim dari Abu
  Hurairah Radhiallahu ‘Anhu ) 
Contoh Penyimpangan Uluhiyah Allah 
Contoh
  konkrit penyimpangan uluhiyah Allah di antaranya ketika seseorang mengalami
  musibah di mana ia berharap bisa terlepas dari musibah tersebut. Lalu orang
  tersebut datang ke makam seorang wali, atau kepada seorang dukun, atau ke
  tempat keramat atau ke tempat lainnya. Ia meminta di tempat itu agar penghuni
  tempat tersebut atau sang dukun, bisa melepaskannya dari musibah yang
  menimpanya. Ia begitu berharap dan takut jika tidak terpenuhi keinginannya.
  Ia pun mempersembahkan sesembelihan bahkan bernadzar, berjanji akan
  beri’tikaf di tempat tersebut jika terlepas dari musibah seperti keluar dari
  lilitan hutang. 
Nasehat
  dari Ibnul Qoyyim yaitu beliau mengatakan bahwa : “Kesyirikan adalah penghancur tauhid rububiyah dan pelecehan terhadap tauhid uluhiyyah, dan berburuk
  sangka terhadap Allah.” Pengertian Tauhid Asma Wa Sifat
Kata “asma” adalah bentuk jama dari kata “ismun”,
  yang artinya ‘nama’. “Asma Allah” berarti ‘nama-nama Allah’. Asma’ul husna
  berarti nama-nama yang baik dan terpuji. Sehingga istilah “asma’ul husna”
  bagi Allah maksudnya adalah nama-nama yang indah, baik dan terpuji yang
  menjadi milik Allah. Misalnya: Ar Rahman, Ar Rahim, Al Malik, Al Ghafur, dan
  lain-lain. 
Sedangkan kata “sifat” dalam bahasa Arab berbeda
  dengan “sifat” dalam bahasa indonesia. Kata “sifat” dalam bahasa arab mencakup
  segala informasi yang melekat pada suatu yang wujud. Sehingga “sifat bagi
  benda” dalam bahasa arab mencakup sifat benda itu sendiri, seperti
  besar  kecilnya, tinggi rendahnya, warnanya, keelokannya, dan lain-lain.
  Juga mencakup apa yang dilakukannya, apa saja yang dimilikinya, keadaan,
  gerakan, dan informasi lainnya yang ada pada benda tersebut. 
Dengan demikian, kata “sifat Allah” mencakup
  perbuatannya, kekuasaannya, apa saja yang ada pada Dzat Allah, dan segala
  informasi tentang Allah. Karena itu, sering kita dengar ungkapan ulama, bahwa
  diantara sifat Allah adalah Allah memiliki tangan yang sesuai dengan
  keagungan dan kebesaran-Nya, Allah memiliki kaki yang sesuai dengan keagungan
  dan kebesaran-Nya, Allah turun ke langit dunia, Allah bersemayam di Arsy,
  Allah tertawa, Allah murka, Allah berbicara, dan lain-lain. Dan sekali lagi,
  sifat Allah tidak hanya berhubungan dengan kemurahan-Nya, keindahan-Nya,
  keagungan-Nya, dan lain-lain. 
Secara istilah
  syariat, tauhid asma dan sifat adalah pengakuan
  seorang hamba tentang nama dan sifat Allah, yang telah Dia tetapkan bagi
  diri-Nya dalam kitab-Nya ataupun dalam sunnah Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa
  sallam, tanpa melakukan empat hal berikut: 
1. Tahrif (menyimpangkan makna) yaitu mengubah atau mengganti makna yang ada pada nama dan sifat Allah, tanpa dalil. Misalnya: Sifat Allah marah, diganti maknanya menjadi keinginan untuk menghukum, sifat Allah istiwa (bersemayam), diselewengkan menjadi istaula (menguasai), Tangan Allah, disimpangkan maknanya menjadi kekuasaan dan nikmat Allah. 
2. Ta’thil (menolak) Yaitu menolak penetapan nama dan sifat Allah yang disebutkan dalam dalil. Baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. 
Contoh menolak secara keseluruhan adalah sikap sekte
  Jahmiyah, yang tidak mau menetapkan nama maupun sifat untuk Allah. Mereka
  menganggap bahwa siapa yang  menetapkan nama dan sifat untuk Allah
  berarti dia musyrik. 
Contok menolak sebagian adalah sikap yang dilakukan
  sekte Asy’ariyah atau Asya’irah, yang membatasi sifat Allah hanya bebeberapa
  sifat saja dan menolak sifat lainnya. Atau menetapkan sebagian nama Allah dan
  menolak nama lainnya. 
3. Takyif (membahas bagaimana bentuk dan hakikat nama
  dan sifat Allah) yaitu menggambarkan bagaimanakah hakikat sifat dan nama yang dimiliki oleh Allah. Misalnya, Tangan Allah, digambarkan bentuknya bulat, panjangnya sekian, ada ruasnnya, dan lain-lain. Kita hanya wajib mengimani, namun dilarang untuk menggambarkannya. 
Karena hal ini
  tidak mungkin dilakukan makhluk. Untuk mengetahui bentuk dan hakikat sebuah
  sifat, hanya bisa diketahui dengan tiga hal: a) Melihat zat tersebut secara langsung. Dan ini tidak mungkin kita lakukan, karena manusia di dunia tidak ada yang pernah melihat Allah Subhanahu wa Ta’ala. b) Ada sesuatu yang semisal zat tersebut, sehingga bisa dibandingkan. Dan ini juga tidak mungkin dilakukan untuk Dzat Allah, karena tidak ada makhluk yang serupa dengan Allah. Maha Suci Allah dari hal ini. c) Ada berita yang akurat (khabar shadiq) dan informasi tentang Dzat dan sifat Allah. Baik dari Al Qur’an maupunhadis. Karena itu, manusia yang paling tahu tentang Allah adalah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun demikian, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menggambarkan bentuk dan hakikat sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala. 
4. Tamtsil (menyamakan Allah dengan makhluk-Nya) Misalnya, berkeyakinan bahwa tangan Allah sama dengan tangan budi, Allah bersemayam di ‘arsy seperti joki naik kuda. Mahasuci Allah dari adanya makhluk yang serupa dengan-Nya. Allah berfirman, 
لَيْسَ كَمِثْلِهِ
  شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ البَصِيرُ 
“Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan
  Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.” (Qs. Asy-Syuura: 11) 
Kaidah Penting Terkait Nama dan Sifat Allah 
Berikut beberapa kaidah penting yang ditetapkan oleh
  para ulama, terkait nama dan sifat Allah: 
1. Mengimani segala nama dan sifat-sifat Allah yang
  terdapat dalam Alquran dan sunnah (hadits-hadits sahih). 
Artinya, kita tidak membedakan dalam mengimani segala
  ayat yang ada dalam Alquran, baik itu mengenai hukum, sifat-sifat Allah,
  berita, ancaman dan lain sebagainya. Sehingga tidaklah tepat jika seseorang
  kemudian hanya mengimani ayat-ayat hukum karena dapat dicerna oleh akal sedangkan
  mengenai nama dan sifat Allah, harus diselewengkan maknanya karena tidak
  sesuai dengan jangkauan akal mereka. 
“… Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab
  (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi
  orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan
  dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat
  berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.” (Qs. Al-Baqarah: 85) 
Begitu pula dalam mengimani hadits-hadits yang sahih
  dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hendaknya kita tidak
  membedakan apakah itu hadits mutawatir ataupun hadits ahad, karena jika itu
  sahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka ia wajib diimani
  walaupun akal kita tidak dapat memahaminya. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
“Segera saja ada seorang yang duduk di atas sofanya
  lalu disampaikan kepadanya sebuah hadits dariku baik sesuatu yang aku
  perintahkan atau sesuatu yang aku larang maka ia berkata, ‘Kami tidak tahu,
  kami hanya mengikuti apa yang kami dapatkan dalam kitab Allah.’” (HR. Abu
  Dawud dan At Turmudzi, dinilai sahih oleh oleh Al Albani) 
2. Menyucikan Allah dari menyerupai makhluk dalam
  segala sifat-sifat-Nya. 
Ketika kita mengakui segala nama dan sifat yang Allah
  tetapkan, seperti Allah maha melihat, Allah tertawa, betis Allah, tangan
  Allah, maka kita tidak diperbolehkan menerupakan sifat-sifat tersebut dengan
  sifat makhluk. 
Sayangnya, hal inilah yang sering terjadi pada
  sekelompok orang, dan hal ini pulalah yang memicu penyimpangan yang terjadi
  pada tauhid asma wa shifat. Kesalahan yang berbuah kesalahan. Contohnya
  sebagai berikut: 
Seseorang tidak ingin menyerupakan sifat Allah dengan
  makhluk sehingga ia menyimpangkan (tahrif) sifat-sifat yang Allah tetapkan
  bagi diri-Nya karena menganggap jika ia menetapkan sifat tersebut maka ia
  akan menyerupakan Allah dengan makhluk. Padahal tidak demikian. Allah sendiri
  menyatakan dalam firman-Nya, yang artinya, “Tidak ada sesuatu pun yang serupa
  dengan Allah, dan ia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” 
Hal ini disebabkan kesamaan dalam nama tidak berarti
  kesamaan dalam bentuk dan sifat. Contohnya adalah kaki gajah dan semut.
  Mereka sama-sama memiliki kaki, namun bentuk dan hakikat kaki tersebut
  tetaplah berbeda. 
Atau seseorang tidak ingin menyerupakan Allah dengan
  makhluk karena khawatir akan menghinakan Allah sehingga ia menolak segala
  nama dan sifat yang Allah tetapkan baik sebagian atau seluruhnya. Contohnya
  adalah orang-orang yang menyatakan nama-nama Allah hanya ada 13. Padahal apa
  yang mereka lakukan justru menghinakan Allah karena penetapan mereka memiliki
  konsekuensi Allah memiliki sifat-sifat yang terbatas. 
3. Menutup keinginan untuk mengetahui bentuk hakikat
  sifat-sifat Allah tersebut. 
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bahwa salah
  satu bentuk penyimpangan dalam tauhid asma wa shifat adalah menanyakan
  bagaimana bentuk dan hakikat sifat-sifat Allah. Dan hal ini tidak mungkin
  dapat kita ketahui karena Allah dan Rasul-Nya tidak menjelaskan hal tersebut.
  Sebagai contoh, seseorang tidak dapat menanyakan kaifiat (bagaimananya) sifat
  tertawa Allah, atau bentuk tangan Allah, atau bagaimanakah wajah Allah. 
Yang perlu kita imani adalah Allah memiliki sifat
  yang bermacam-macam dan Allah maha sempurna dengan segala sifat yang
  dimiliki-Nya.Dan untuk mengimani sesuatu tidaklah mengharuskan kita harus
  mengetahui hakikat zat tersebut. Sebagai contoh, kita meyakini adanya roh
  (nyawa) walaupun kita tidak pernah mengetahi bentuk dan hakikat dari roh
  tersebut. Padahal roh adalah sesuatu yang sangat dekat dengan manusia namun
  akal kita tidak pernah mampu mengetahui bentuk dan hakikatnya. 
Termasuk larangan dalam hal ini adalah membayangkan
  bagaimana bentuk dan hakikat sifat Allah, karena akan membuka pada
  penyimpangan lainnya, yaitu penyerupaan dengan makhluk. Yang perlu diluruskan
  adalah, larangan untuk mengetahui bentuk dan hakikat dari sifat-sifat Allah
  bukan berarti meniadakan adanya bentuk dan hakikat dari sifat-sifat Allah.
  hakikat sifat Allah tetaplah ada dan hanya Allah-lah yang mengetahuinya. 
Sekarang kita praktikkan ilmu yang kita telah
  pelajari dalam memahami salah satu hadits tentang salah satu sifat Allah,
  yaitu Allah turun ke langit dunia setiap malam, sebagaimana terdapat dalam
  sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun pada setiap malam ke langit dunia, ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku mengabulkannya, siapa yang memohon kepada-Ku, niscaya Aku memberinya, siapa yang meminta ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya.’” (HR. Bukhari dan Muslim) 
Sesuai kaidah, maka kita tetapkan sifat turun pada
  Allah Ta’ala.Kita tidak menyerupakan sifat turun ini dengan makhluk (dimana
  sifat turun pada makhluk adalah dari atas ke bawah dan memiliki sifat kurang
  (naqish)) dan juga kita tidak menanyakan atau membayangkan bagaimana Allah
  turun ke langit dunia setiap malam (seperti banyak orang menakwilkan
  (tepatnya menyelewengkan) hadits ini karena menganggap tidak mungkin bagi
  Allah turun ke langit dunia setiap malam karena dunia ada yang malam dan ada
  yang siang, lalu bagaimana Allah turun atau pertanyaan-pertanyaan lainnya
  yang memustahilkan sesuatu bagi Allah karena berpikir dengan logika makhluk).
  Allah sempurna dengan segala sifatnya dan tidak memiliki sifat kurang dalam
  seluruh sifat tersebut. Jika kita tidak mampu memahami ini, maka cukuplah
  bagi kita mengimaninya bahwa sifat turun ini ada pada Allah. 
Contoh lainnya adalah mengimani sifat al-wajhu
  (wajah), al-yadain (dua tangan) dan al-’ainain (dua mata), sebagaimana Allah
  tetapkan bagi diri-Nya dalam Alquran. 
Allah berfirman, yang artinya, “Dan tetap kekal wajah
  Rabb-Mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.” (Qs. Ar-Rahman: 27) 
Allah juga berfirman, yang artinya, “Dan bersabarlah
  dalam menunggu ketetapan Rabb-mu, sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan
  mata Kami.” (Qs. Ath-Thur: 48) 
Allah juga berfirman, yang artinya, “Apakah yang
  menghalangi kamu sujud kepada (Adam) yang telah Ku-ciptakan dengan kedua
  tangan-Ku.” (Qs. Shad: 75) 
Dari apa yang telah Allah kabarkan untuk diri-Nya
  ini, maka sesuai kaidah, kita mengimani (menetapkan) sifat tersebut bagi
  Allah, dan tidak menyerupakan sifat-sifat tersebut dengan makhluk, serta
  tidak menanyakan bagaimana bentuk atau penggunaan dari sifat-sifat Allah
  tersebut, misalnya mempertanyakan bagaimana wajah Allah, atau membayangkan
  mata Allah seperti manusia atau membayangkan bagaimana Allah menggunakan
  kedua tangan-Nya. 
Sumber : 
http://yufidia.com/tauhid-asma-wa-sifat | 
|  | 
http://id.wikipedia.org/wiki/Tauhid_Uluhiyah
http://id.wikipedia.org/wiki/Tauhid
http://id.wikipedia.org/wiki/Tauhid_Rububiyah
Enslikopedia aqidah islami
http://ameenr4.blogspot.com/2010/03/konsep-tauhid-menurut-ismail-raji-al.html
http://aljawad.tripod.com/artikel/alquran1.htm
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar